KEDUDUKAN ILMUAN DALAM ISLAM

Dalam ajaran islam sangat menghargai manusia berilmu sebagaimana Alquran itu telah menjelaskan Surah Al Mujaadilah Ayat 11 bahwa : Hai orang-orang yang beriman, apabila dikatakan kepadamu: “Berlapang-lapanglah dalam majelis”, maka lapangkanlah, niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan: “Berdirilah kamu, maka berdirilah, niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.

sedangkan dalam pembahasan Alquran sering menggunakan perumpamaan ini adalah salah satu tanda bahwa Allah menginginkan hambanya untuk berfikit sebagaimana dalam Alquran Surah Al ‘Ankabuut Ayat 43 : Dan perumpamaan-perumpamaan ini Kami buatkan untuk manusia; dan tiada yang memahaminya kecuali orang-orang yang berilmu.

karena sesungguhnaya sebagai Firman Allah Surah Al ‘Ankabuut Ayat 49 Sebenarnya, Al Qur’an itu adalah ayat-ayat yang nyata di dalam dada orang-orang yang diberi ilmu. Dan tidak ada yang mengingkari ayat-ayat Kami kecuali orang-orang yang lalim.

salam…

One Response to “KEDUDUKAN ILMUAN DALAM ISLAM”

  1. Memang benar sebenarnya manusianya yg bermasalah, sesungguhnya ajaran tuhan itu sudah jelas tapi diakal-akali……………

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: